Zakat
Ulama Syafi’iyyah sepakat bahwa zakat fitrah tidak boleh diberikan kepada penerima zakat (mustahiq) dalam bentuk uang. Meskipun seperti itu, praktiknya di beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang kurang memahami kesepakatan ulama ini. Menyikapi fenomena itu, Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pesantren Sirojuth Tholibin, Brabo, Tanggungharjo, Grobogan Jawa Tengah, memberikan penjelasan terkait zakat dengan menggunakan uang atau melalui uang. Terma melalui uang artinya alat tukar tersebut hanya sebagai perantara sehingga penyaluran zakat tetap dalam bentuk makanan pokok. Di sini panitia menjelaskan bahwa konsep-konsep tersebut sesuai dengan ketentuan syariat, tapi masyarakat tetap dimudahkan yaitu bisa berangkat dari rumah dengan membawa uang menuju stand/pos zakat setempat. Pertama, panitia zakat menyuplai beras dengan membeli atau bermitra kepada salah satu toko penyedia beras di mana setiap muzakki yang datang membawa uang akan dilayani jual beli murni dengan beras yang disediakan oleh panitia terlebih dahulu. Setelah muzakki menerima beras, transaksi penerimaan zakat baru kemudian dijalankan sebagaimana biasanya. Sementara ini, ada beberapa tempat yang sudah menjalankan sistem jual beli mirip seperti di atas, namun kesalahannya terletak pada beras yang dibuat transaksi jual beli bukan beras murni persediaan panitia, tapi beras yang telah diterima panitia dari hasil zakat beras orang lain yang terlebih dahulu datang kemudian beras zakat itu dijual kembali kepada muzakki lain yang datang kemudian. Menjual beras zakat seperti ini tidak diperbolehkan. Kedua, panitia yang tidak resmi mendapat SK dari pemerintah tidak dinamakan sebagai amil, mereka hanya berlaku sebagai relawan saja. Artinya semua operasional tidak boleh dibebankan/diambilkan dari zakat. Panitia seperti ini bisa mengambil untung dari hasil jual beli beras yang memang murni untung jual beli untuk kepentingan operasional. Contoh, panitia mengumumkan, masyarakat yang ingin menyalurkan zakat melalui panitia dengan membawa beras silahkan datang dengan membawa beras 2,5 kg (ada pendapat yang 2,7 kg, silakan memilih). Bagi yang ingin membawa uang, besar nominalnya adalah Rp. 25.000,- Jika sekarang beras standar diasumsikan dengan besaran harga Rp. 8.400,-/kg, maka setiap kali ada muzakki yang datang membawa uang, panitia akan untung Rp. 4.000,-/muzakki. Dengan 4 ribu inilah roda operasional panitia berjalan tanpa mengganggu harta zakat sama sekali. Jika ada 100 orang saja yang datang membawa uang, maka uang Rp. 400.000 sudah cukup untuk operasional panitia yang meliputi pembelian kantong plastik, konsumsi, transport dan lain sebagainya. Ketiga, karena ini menyangkut jual beli murni, jual beli tidak diperkenankan digelar di masjid. Panitia harus mendirikan stand tersendiri di bagian yang terpisah dari masjid atau diselenggarakan di ruang serbaguna, madrasah, pesantren atau rumah warga. Keempat, secara umum Syafi’iyyah memandang bahwa kiai atau ustadz bukan bagian dari sabilillah, mustahiq zakat. Mereka tidak berhak menerima zakat kecuali jika kebetulan mereka termasuk golongan/ashnaf lain selain sabilillah. Seperti kebetulan mereka fakir atau miskin, maka mereka berhak menerima zakat atas nama dia sebagai fakir miskin bukan kapasitasnya sebagai kiai atau ustadz. Hanya ada satu pendapat lemah dari kutipan Imam Qaffal yang mengatakan guru mengaji dan sejenisnya termasuk sabilillah yang berhak menerima zakat. Dengan solusi alternatif demikian, harapannya, masing-masing antara masyarakat dan panitia saling dimudahkan dengan tetap konsisten mengikuti pendapat Syafi’iyyah. Referensi: Zakat harus dengan makanan pokok كاشفة السجا لنووي الجاوي - (ج 1 / ص 270) وواجب الفطرة لكل واحد صاع من غالب قوت بلد المؤدى عنه وإن كان المؤدي بغيرها من جنس واحد Zakat fitrah tidak boleh dijual-belikan المجموع الجزء السادس ص : 175 ( فرع ) قال أصحابنا لا يجوز للإمام ولا للساعى بيع شىء من مال الزكاة من غير ضرورة بل يوصلها إلى المستحقين بأعيانها لأن أهل الزكاة أهل رشد لا ولاية عليهم فلم يجز بيع مالهم بغير إذنهم فإن وقعت ضرورة بأن وقف عليه بعض الماشية أو خاف هلاكه أو كان فى الطريق خطر أو احتاج إلى رد جبران أو إلى مؤنة النقل أو قبض بعض شاة وما أشبهه جاز البيع للضرورة كما سبق فى آخر باب صدقة الغنم إنه يجوز دفع القيمة فى مواضع للضرورة قال أصحابنا ولو وجبت ناقة أو بقرة أو شاة واحدة فليس للمالك بيعها وتفرقة ثمنها على الأصناف بلا خلاف بل يجمعهم ويدفعها إليهم وكذا حكم الإمام عند الجمهور وخالفهم البغوى فقال إن رأى الإمام ذلك فعله وأن رأى البيع وتفرقة الثمن فعله والمذهب الأول قال أصحابنا وإذا باع فى الموضع الذى لا يجوز فيه البيع فالبيع باطل ويسترد المبيع فإن تلف ضمنه والله أعلم . روضة الطالبين وعمدة المفتين (2/ 337) الثَّالِثَةُ: لَا يَجُوزُ لِلْإِمَامِ وَلَا لِلسَّاعِي أَنْ يَبِيعَ شَيْئًا مِنَ الزَّكَاةِ، بَلْ يُوَصِّلُهَا بِحَالِهَا إِلَى الْمُسْتَحِقِّينَ، إِلَّا إِذَا وَقَعَتْ ضَرُورَةٌ، بِأَنْ أَشْرَفَتْ بَعْضُ الْمَاشِيَةِ عَلَى الْهَلَاكِ أَوْ كَانَ فِي الطَّرِيقِ خَطَرٌ، أَوِ احْتَاجَ إِلَى رَدِّ جِيرَانٍ، أَوْ إِلَى مُؤْنَةِ نَقْلٍ، فَحِينَئِذٍ يَبِيعُ. Jual-beli tidak diperbolehkan di masjid عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده قال: «نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الشراء والبيع في المسجد، وأن تنشد فيه الأشعار» (رواه الترمذي وأبو داود وغيرهما) Syafiiyyah sepakat zakat tidak boleh menggunakan uang المجموع شرح المهذب - (ج 5 / ص 428) { الشرح } اتفقت نصوص الشافعي رضى الله عنه انه لا يجوز اخراج القيمة في الزكاة وبه كذا في الاصل والصواب عليهن قطع المصنف وجماهير الاصحاب وفيه وجه ان القيمة تجزئ حكاه وهو شاذ باطل ودليل المذهب ما ذكره المصنف (وأما) إذا اخرج سنا اعلي من الواجب كبنت لبون عن بنت مخاض ونظائره فتجزئه بلا خلاف لحديث ابى السابق ولما ذكره المصنف (وأما) إذا اخرج تبيعين عن مسنة فقد قطع المصنف بجوازه وهو المذهب وبه قطع الجماهير وفيه وجه سبق في باب زكاة البقر والله تعالي اعلم Titik khilafiyah zakat dengan uang antara Syafiiyah dengan Hanafiyyah المبسوط - (ج 4 / ص 141) ( قَالَ ) : فَإِنْ أَعْطَى قِيمَةَ الْحِنْطَةِ جَازَ عِنْدَنَا ؛ لِأَنَّ الْمُعْتَبَرَ حُصُولُ الْغِنَى وَذَلِكَ يَحْصُلُ بِالْقِيمَةِ كَمَا يَحْصُلُ بِالْحِنْطَةِ ، وَعِنْدَ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى لَا يَجُوزُ ، وَأَصْلُ الْخِلَافِ فِي الزَّكَاةِ وَكَانَ أَبُو بَكْرٍ الْأَعْمَشُ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى يَقُولُ : أَدَاءُ الْحِنْطَةِ أَفْضَلُ مِنْ أَدَاءِ الْقِيمَةِ ؛ لِأَنَّهُ أَقْرَبُ إلَى امْتِثَالِ الْأَمْرِ وَأَبْعَدُ عَنْ اخْتِلَافِ الْعُلَمَاءِ فَكَانَ الِاحْتِيَاطُ فِيهِ ، وَكَانَ الْفَقِيهُ أَبُو جَعْفَرٍ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى يَقُولُ : أَدَاءُ الْقِيمَةِ أَفْضَلُ ؛ لِأَنَّهُ أَقْرَبُ إلَى مَنْفَعَةِ الْفَقِيرِ فَإِنَّهُ يَشْتَرِي بِهِ لِلْحَالِ مَا يَحْتَاجُ إلَيْهِ ، وَالتَّنْصِيصُ عَلَى الْحِنْطَةِ وَالشَّعِيرِ كَانَ ؛ لِأَنَّ الْبِيَاعَاتِ فِي ذَلِكَ الْوَقْتِ بِالْمَدِينَةِ يَكُونُ بِهَا فَأَمَّا فِي دِيَارِنَا الْبِيَاعَاتُ تُجْرَى بِالنُّقُودِ ، وَهِيَ أَعَزُّ الْأَمْوَالِ فَالْأَدَاءُ مِنْهَا أَفْضَلُ . Kutipan Al Qaffal yang memperbolehkan zakat diberikan kepada kiai, ustadz تفسير المنير الجزء الأول ص 244 ونقل القفال عن بعض الفقهاء فهم أجازوا صرف الصدقات الى جميع الوجوه الحير من تكفين الموتى وبناء الحصون وعماره المسجد للأن قوله في سبيل الله عام في الكل. (Ahmad Mundzir) Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia. TAGS: BAGIKAN: ZAKAT LAINNYA Pembagian dan Syarat Menjadi Seorang Amil Zakat Zakat Beda Amil dan Panitia Zakat Berdasar Hasil Munas NU 2017 Zakat Ketentuan Zakat Emas, Perak, dan Perhiasan Zakat Ihwal Kewajiban Zakat Anak Kecil dan Penyandang Disabilitas Mental Zakat Para Trader Wajib Zakat, Apanya yang Mesti Dizakati? Zakat Hakikat Zakat Menurut Imam Al-Ghazali Zakat Zakat Fitrah sebagai Penyempurna Puasa dan Penyelamat Jiwa Zakat Hukum Menyalurkan Zakat di Wilayah Lain Zakat Serahkan Zakat, Haruskah Memberi Tahu Penerima Itu Zakat? Zakat Mengurai Kontroversi Zakat Fitrah dengan Uang Zakat TERPOPULER 1 Beda Amil dan Panitia Zakat Berdasar Hasil Munas NU 2017 2 Pembagian dan Syarat Menjadi Seorang Amil Zakat REKOMENDASI Abu Manshur al-Maturidi, Imam Aqidah Ahlusunnah wal Jama’ah Sirah Nabawiyah Rukun-Rukun Khutbah dan Penjelasannya Jumat Sejarah Nuzulul Quran Ilmu Al-Qur'an Mengurai Kontroversi Zakat Fitrah dengan Uang Zakat Gus Baha: Perlu Persiapan Cari Lailatul Qadar Nasional Ramadhan di Saat Perang Badar dan Fathu Makkah Ramadhan Renungan Syukur Ramadhan Hikmah Tiga Sebab yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan Puasa dengan Niat Diet, Apa Hukumnya? Ramadhan TOPIK Penjelasan Lengkap soal Zakat Fitrah Kumpulan Khutbah Idul Fitri Terfavorit Penjelasan Lengkap seputar Lailatul Qadar Kumpulan Khutbah Bulan Ramadhan Kumpulan Kultum Ramadhan Terfavorit Money Game menurut Hukum Islam Penjelasan tentang Adzan dan Iqamah Hikayat Bani Israil dari Masa ke Masa Amalan-Amalan Bulan Rajab Kumpulan Khutbah Bulan Rajab BERITA LAINNYA Gus Yaqut Ingatkan Kader Ansor Tak Bermental Kepiting dan Harus Seperti Kereta Api Nasional | Senin, 25 Apr 2022 Gus Yaqut: Kongres XVI Ansor Digelar Paling Lambat Tahun Depan Nasional | Senin, 25 Apr 2022 Harlah Ke-88 Ansor, Gus Yaqut Jelaskan Makna Berkhidmat Tanpa Batas Nasional | Senin, 25 Apr 2022 Fatayat NU Jaksel Peringati Harlah di Rumah Pergerakan Gus Dur Daerah | Ahad, 24 Apr 2022 Panduan Lengkap Zakat Fitrah dengan Uang Nasional | Ahad, 24 Apr 2022 Ini Lirik Mars, Asas, dan Tujuan Fatayat NU Nasional | Ahad, 24 Apr 2022 Pemotongan Nasi Tumpeng Tandai Harlah ke-72 Fatayat NU Nasional | Ahad, 24 Apr 2022 PCNU Pringsewu Serahkan 1 Unit Mobil Ambulans ke NU Gadingrejo Daerah | Ahad, 24 Apr 2022 Prof Quraish Shihab: Cintailah Pasangan dan Anak, Tapi… Nasional | Ahad, 24 Apr 2022 × Beranda Tentang NU Redaksi Kontak Kami Download NU Online English © 2022 NU Online | Nahdlatul Ulama
Sumber: https://islam.nu.or.id/zakat/hukum-zakat-fitrah-dalam-bentuk-uang-6mB9n
Komentar
Posting Komentar