QURAN UNTUK MAYIT

HADIAH PAHALA BACAAN AL-QURAN UNTUK MAYIT 

Gambar_hanya ilustrasi 

          Masalah   Kebolehan menghadiahkan bacaan Al-Quran, Tahlil, Sholawat, Tasbih,  Sodakoh dan amal-amal baik lainnya kepada mayyit serta sampainya pahala bacaan Al-Quran tersebut kepada mayyit,  adalah masalah furu'iyyah yang pasti ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama.
         Oleh karena itu tidaklah sepantasnya jikalau perbedaan itu kemudian menimbulkan fitnah dan perdebatan.
Ibnul Qoyyim Berpendapat:
افضل ما يهدی الی الميت الصدقۃ والاستغفار والدعأ له والحج عنه واما قرأۃ القرآن واهداوها اليه تطوعا من غير اجر فهذا يصل اليه كمايصل اليه ثواب الصوم والحج                                                                                                 
            Adapun amal yang paling utama untuk dihadiahkan kepafa mayit adalah sodakoh, membaca Istighfar, mendoakan dan ibadah hajji yang diperuntukkan kepada mayit.        Adapun hadian bacasn Al-Quran yang tanpa ongkos/upah itu bisa sampai/maemberi manfaat kepada mayyit sebagsimana pahala puasa dan hsjji.       
             Perbedaan ulama madzhab Syafi’i tentang hadiah pahala bacaan Al-Qur’an pada mayit.  Ibnu Katsir menyampaikan pendapat yang masyhur dalam madzhab Syafi’i, bahwa  menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an tidak sampai pada mayit.              Sedangkan ulama Syafi’iyah lainnya berpendapat bahwa hadiah bacaan Al-Quran itu sampai ke mayit.
 Allah Ta’ala berfirman,
وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya” (QS. An-Najm: 39).
Mengenai ayat tersebut, Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan,.

ومن هذه الآية استنبط الشافعي ومن تبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى ؛ لأنه ليس من عملهم ولا كسبهم ، ولهذا لم يندب إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم أمته ولا حثهم عليه، ولا أرشدهم إليه بنص ولا إيماء ، ولم ينقل عن أحد من الصحابة رضي الله عنهم ، ولو كان خيراً لسبقونا إليه وباب القربات يقتصر فيه على النصوص ، ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء ، فأما الدعاء والصدقة ، فذاك مجمع على وصولها ومنصوصٌ من الشارع عليها
           
          Dari ayat ini Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa bacaan Al-Qur’an tidak sampai pahalanya pada mayit karena bacaan tersebut bukan amalan si mayit dan bukan usahanya. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menganjurkan umatnya dan tidak memotivasi mereka untuk melakukan hal tersebut. Tidak ada nash (dalil) dan tidak ada bukti otentik yang memuat anjuran tersebut.
            Begitu pula tidak ada seorang sahabat Nabi –radhiyallahu ‘anhum– pun yang menukilkan ajaran tersebut pada kita. Law kaana khoiron la-sabaquna ilaih (Jika amalan tersebut baik, tentu para sahabat lebih dahulu melakukannya). Dalam masalah ibadah (qurobat) hanya terbatas pada dalil, tidak bisa dipakai analogi dan qiyas.
          Adapun amalan do’a dan sedekah, maka para ulama sepakat akan sampainya (bermanfaatnya) amalan tersebut dan didukung pula dengan dalil (Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim karya Ibnu Katsir, 7: 76).

           Ulama Hanafiyah dan ulama Hambali berpendapat bahwa bolehnya membaca Al-Qur’an untuk mayit dan menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an tersebut untuknya. ….
         
          Imam Ahmad berkata, “Segala amalan kebaikan untuk mayit itu bermanfaat karena adanya dalil yang menerangkan hal ini. Kaum muslimin di berbagai negeri pun secara kompak membacakan Al-Qur’an dan membacakannya untuk mayit dan hal itu tidak ada pengingkaran. Sehingga hal itu dianggap sebagai ijma’ (kata sepakat dari mereka).” Demikian dikatakan oleh Al-Bahuti dari ulama Hambali.
           
         Ulama Malikiyah generasi awal berpendapat bahwa membacakan Al-Qur’an untuk mayit dimakruhkan dan pahalanya tersebut tidak sampai pada mayit. Namun ulama Malikiyah belakangan berpandangan bahwa membacakan Al-Qur’an dan berdzikir serta menjadikan pahala amalan tersebut untuk mayit tidaklah masalah, pahala tersebut pun akan sampai pada mayit. …
            Sedangkan pendapat yang masyhur dalam madzhab Imam Asy-Syafi’i, pahala bacaan Al-Qur’an untuk mayit tidaklah sampai. Namun sebagian ulama Syafi’iyah menyatakan sampainya pahala bacaan Al-Qur’an pada mayit.
             Sulaiman Al-Jamal -salah seorang ulama Syafi’i- berkata, “Pahala bacaan Al-Qur’an adalah untuk yang membaca. Boleh juga pahala tersebut untuk mayit namun dengan kehadirannya, atau ada niat, atau dijadikan pahala untuk mayit setelah membacanya.” (Diringkas dari Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 33: 60-61)
Imam Nawawi rahimahullah mengatakan,

وَأَمَّا قِرَاءَة الْقُرْآن فَالْمَشْهُور مِنْ مَذْهَب الشَّافِعِيّ أَنَّهُ لَا يَصِلُ ثَوَابُهَا إِلَى الْمَيِّت وَقَالَ بَعْض أَصْحَابه : يَصِل ثَوَابهَا إِلَى الْمَيِّت .
          “Untuk bacaan Al-Qur’an, pendapat yang masyhur dalam madzhab Syafi’i, bahwa itu tidak sampai pahalanya kepada mayit. Sementara sebagian ulama Syafi’iyah mengatakan, pahalanya sampai kepada mayit.” (Syarh Shahih Muslim, 1: 87)
فقد قال ابن تيميۃ أن الميت ينتفع بقرأۃ القرآن كماينتفع بالعبادۃ الماليۃ من الصدقۃ ونحوها.
            Ibnu Taimiyyah menjelaskan bahwa, Sesungguhnya mayit bisa menerima manfaat dari hadiah bacaan Al-Quran, sebagaimana mayit pun bisa mendapatkan manfaat atau pahala ibadah maliyah seperti sodakoh dan sebagainya. (Kitab Hujjah Ahli Sunnah Wal-Jamaah).


by. Rikin Abu Khamid


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keberadaan Guru Ngaji TPQ, Madin, dan Majelis Ta'lim di Pelosok Desa: Kontribusi Nyata Pondok Pesantren untuk Umat dan Bangsa

Bobotsari_Monitoring ZI Kankemenag Purbalingga

Dampak Negatif Judi Online: Akar Masalah di Balik Banyak Kasus Kriminal