Postingan

WAKTU-WAKTU SHALAT

  WAKTU- WAKTU SHALAT   عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (  وَقْتُ اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ اَلشَّمْسُ  وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ  مَا لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ  وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ اَلْأَوْسَطِ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَلَهُ مِنْ حَدِيثِ بُرَيْدَةَ فِي اَلْعَصْرِ: (  وَالشَّمْسُ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ  ) وَمِنْ حَدِيثِ أَبِي مُوسَى: (  وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ  ) Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Waktu Dhuhur ialah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum tiba waktu Ashar masuk selama m...

ISLAM, IMAN, IHSAN

  ISLAM-IMAN-IHSAN عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ : بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ، حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّد أَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِسْلاَمِ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : اْلإِسِلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ    وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً قَالَ : صَدَقْتَ، فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ....

NIAT DAN IKHLAS

  Mutiara Hadis-Niat_Ikhlas عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى . فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ . [ رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وابو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة .   Arti Hadits / ترجمة الحديث :   Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap   perbuatan tergantung niatnya.   Dan   sesungguhnya   setiap   orang   (akan dibalas) berdasarkan...

JANGAN BERSANDAR PADA AMAL

  BERSANDARLAH PADA ALLAH JANGAN PADA AMAL" مِنْ عَلاَ مَةِ اْلاِعْـتِــمَادِ عَلَى الْعَمَلِ، نُقْصَانُ الرَّجَاءِ عِنْدَ وُجُـودِ الزَّ لــَـلِ "Di antara tanda-tanda orang yang senantiasa bersandar kepada amal-amalnya, adalah kurangnya  ar-raja'  ( rasa harap  kepada rahmat Allah) di sisi alam yang fana." Syarah Ar-raja  adalah istilah khusus dalam terminologi agama, yang bermakna pengharapan kepada Allah Ta'ala. Pasal  Al-Hikam  yang pertama ini bukan ditujukan ketika seseorang berbuat salah, gagal atau melakukan dosa. Karena  ar-raja lebih menyifati orang-orang yang mengharapkan kedekatan dengan Allah, untuk  taqarrub . Kalimat " wujuudi zalal ", artinya segala wujud yang akan hancur, alam fana. Menunjukkan seseorang yang hidup di dunia dan masih terikat oleh alam hawa nafsu dan alam syahwat. Itu semua adalah  wujud al-zalal , wujud yang akan musnah. Seorang mukmin yang kuat tauhidnya, sekalipun masih hidup di dunia dan terikat pada...

NIAT MENENTUKAN KUALITAS AMAL

Segala aktifitas akan dianggap sah, sempurna dan berkualitas atau bernilai ibadah, itu ditentukan oleh niat. Allah berfirman dalam surat Al-Isra ayat 84: قل كل يعمل على شاكلته Katakanlah (wahai rasul) kepada sekalian manusia, Tiap-tiap orang dari kalian akan berbuat sesuai dengan keadaannya. Dan tuhan kalian lebih mengetahui orang yang mendapatkan petunjuk menuju kebenaran. Sabda Rasulullah SAW. : "انما الاعمال بالنيات وانما لكل امرئ ما نوى رواه البخارى Artinya: “Segala sesuatu tergantung pada niatnya, dan apa yang didapatkan ialah apa yang telah diniatkan.” (HR. Bukhari). الامور مور بمقاصدها Segala sesuatu tergantung pada tujuannya. Contoh kaidah: Diwajibkannya niat dalam berwudhu, mandi, shalat dan puasa. Penggunaan kata kiasan (kinayah) dalam talak. Seperti ucapann seorang suami kepada istrinya: انت خالية (engkau adalah wanita yang terasing). Jika suami bertujuan menceraikan dengan ucapannya tersebut, maka jatuhlah talak kepada istrinya, namun jika ia tidak berniat menceraikan ...

KONSEP INTIMATE WEDDING

Gambar
Konsep pernikahan identik dengan acara yang mewah dan membutuhkan dana besar. Namun, konsep tersebut kini tak lagi dipilih generasi milenial. Karena mayoritas generasi milenial justru menyukai gaya pernikahan yang lebih simpel dan dikenal dengan istilah  intimate wedding . Pesta  pernikahan   dengan konsep   intimate  belakangan sedang menjadi tren. Tidak sedikit orang yang menggelar pesta pernikahannya di rumah dengan tema pesta yang sederhana. Selain terasa lebih privat, pernikahan sederhana yang diadakan di rumah juga cenderung lebih aman untuk dilakukan di masa pandemi seperti saat ini.  Di samping itu, tentu saja menikah di rumah akan memangkas   biaya pernikahan . Pasalnya menikah di gedung, hotel, atau restoran perlu biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, tidak ada salahnya menggelar pernikahan di rumah saja.  Konsep  intimate wedding  lebih mengutamakan undangan bagi kalangan orang-orang terdekat. Calon mempelai pengantin biasanya ...

NAMA LAIN AL-QURAN

Gambar
  Pada tulisan kali ini, saya akan mendeskripsikan Nama-nama Al-Quran sebagaiman dijelaskan oleh Syekh Jalaludin As-Suyuti dan Syekh Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily. Disebutkan dalam kitab  Khozinatul Asror  karya Syekh Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily menjelaskan bahwasanya Al-Qur’an memiliki 55 nama dengan berbagai alasan pemilihan nama tersebut.  Penjelasan ini sebagaimana telah dijelaskan dalam Kitab   al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an , k arya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, Abu al-Ma’aliy ‘Uzaiziy ibn ‘Abd al-Malik atau yang lebih dikenal dengan nama Syaidzalah .  Jika diuraikan, maka nama Al-Quran tersebut adalah: 1.       Kitab Nama Al-Quran yang pertama yaitu “ al-Kitab ”, karena di dalamnya terkumpul dan terhimpun berbagai ilmu pengetahuan, kisah-kisah terdahulu, dan  Akhbar . Hal ini dikarenakan makna bahasa dari Kitab adalah menghimpun ( al-Jam’u ). Sebagaimana dalam Q.S. al-Dukhan [44] ayat 2: وَالْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۙ ...